Renang, Sejarah Awal, Tata Cara Dan Berbagai Gaya Dalam Olahraga Renang

 

Renang merupakan suatu gerakan yang dilakukan di dalam air. renang merupakan olahraga yang aquatik. sistem permainan dalam renang sama dengan permainan yag lain yaitu ada babak penyisihan,babak perempat final,semifinal,final. dan lomba yang dilakukan juga berbeda-beda ada lomba renang gaya bebas,gaya punggung,gaya kupu-kupu dan gaya dada.

Olahraga renang merupakan olahraga yang sederhana dari olahraga lainnya,karena olahraga ini tidak perlu menggunakan terlalu banyak peralatan. anggota tubuh yang sering digunakan adalah tangan dan kaki.

Olahraga renang tidak hanya adu kecepatan tetapi ada juga lompat indah,renang indah,renang perairan terbuka, dan polo air. Di indonesia, induk organisasi renang adalah PRSI( Persatuan Renang Seluruh Indonesia)

Ukuran  Kolam Renang

Hasil gambar untuk ukuran kolam renang

ukuran:

a. panjang 50 meter, lebar 21 meter

b. kedalaman air minimal 1 meter,untuk kejuaraan dunia dan olimpiade kedalaman air inimal 2 meter.

c. lebar lintasan 25 meter dan jumlah ada 8 lintasan.

Dinding kolam:

harus sejajar dan tegak lurus terhadap permukaan air.

tempat berpijak:

di seluruh dinding kolam renang boleh dibuat untuk tempat berpijak pada waktu istirahat setidaknya 1,20 meter dibawah permukaan air.

Tali lintasan:

tali lintasan dipasang dengan panjang 50 meter,setiap tali lintasan dipasang pelampung berderet.sepanjang 5 meter pada bagian ujung diberi warna jelas untuk penunjuk bagi perenang.

Tempat start

tempat start dibuat setinggi antara 0,50 meter s.d 075 meter dengan kemiringa 10 derajat,permukaan tempat start berukuran 0,50 m x 0,50 m

Sejarah Singkat Renang

renang sebelumnya telah dikenal pada zaman prasejarah yang dulu ada sebuah gua-gua yang digunakan untuk perenang pada zaman batu. ditemukannya stempel lilin yang tergambar  4 orang perenang sedang melakukan renang dengan gaya bebas. terdapat juga di daerah babylonia ada dinding yang tergambar seseorang renang dengan menggunakan gaya dada.

Olimpiade Renang Di Athena Yunani

olahraga renang memiliki sejarah pertama kali di olimpiade athena,yunani yang diselenggarakan tahun 1896. olimpiade kedua dilaksanakan di Paris,Prancis pada tahun 1900 pertandingan ini  memakai jenis nomor 200 meter,1000 meter, 4000 meter.

pada kaum wanita, renang dilakukan pertama kali dilakukan pada olimpiade tahun 1912 di stocholm,Belanda. itupun masih menggunakan nomor bebas.

Manfaat Renang

1.renang dapat meredakan stres

2.renang dapat meningkatkan kebugaran tubuh

3.renang dapat meredakan radang sendi

4.renang dapat membentuk tubuh yang ideal

5.renang menambah tinggi badan

6 dapat elatuh pernapasan

Pemanasan Sebelum Berenang

1. Forward Lunge

 pemanasan untuk mereggangkan otot paha,betis dan kaki.pemanasan ini dilakukan agar otot lemas saat berada di dalam air sehingga tidak terjadi kram otot.

2. Standing T

melenturkan sistem rotator pada bagian paha.hal ini dilakukan agar tangan lebih leluasa saat mendayung di air.

3. Quadruped rocking

 posisikan tubuh seperti saat merangkak,posisikan lutut dan dan tangan sejajar,kemudian tarik tangan dan kaki ke arah belakang.hal ini dilakukan agar merelaksasikan otot punggung

4. Standing back flection

untuk melenturkan tulang leher ke bawah,posisikan kepala mengadah dan kedua tangan berada di pinggang.

5.Lateral exstension

posisi brdiri dan gerakan kepala beserta badan ke samping kanan dan kiri

from Blogger https://ift.tt/AfgsHji
via IFTTT

Tinggalkan komentar